arrow_upward

Penerapan SPBE Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel

Senin, 10 Februari 2025 : 12:01 PM
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Evi Yandri, menerima nota pengantar Ranperda SPBE dari Plt Sekdaprov Yozarwardi, saat rapat paripurna, Senin, (10/2/2025).


ORATOR.ID - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi, dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. 


"Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," kata Wakil Ketua DPRD Sumbar, Evi Yandri, saat rapat paripurna Penyampaian Nota Pengantar Ranperda SPBE, Senin, (10/2/2025).


Ia menambahkan, SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 


"Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan, untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik," ucapnya.


Evi menjelaskan, revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang terhadap pemerintah melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan SPBE atau E-Government, 


"Yakni penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya," bebernya. 


Ia menyampaikan, SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel. 


"Serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama," sebutnya. 


"Dan meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas,  menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik," pungkasnya. (OID)