arrow_upward

Sektor Perikanan Perlu Didukung Sarana dan Prasarana Memadai

Sabtu, 08 Juni 2024 : 12:08 AM

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menerima cendera mata dari pihak Pemprov DKI Jakarta, saat Kunjungan BOP Komisi II, di Jakarta, Kamis (6/5/2024). 



ORATOR.ID -  Pihak DPRD Provinsi Sumbar, menilai pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat perlu meningkatkan potensi pada sektor kelautan dan perikanan, terutama sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM).

"Masyarakat pesisir yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan memerlukan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, tentunya peran pemerintah mesti ada disitu," kata Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Mochklasin, saat Kunjungan BOP Komisi II dengan Pemprov DKI Jakarta, di ruang Rapat Kebaya Kerancang Gedung, Balai Kota Blok G Gedung Ali Sadikin, Jakarta Pusat, Kamis (6/5/2024). 


Ia menyampaikan, nelayan membutuhkan prasarana yang memadai seperti SPBU, pelabuhan  representatif hingga keberadaan pabrik es, untuk  meningkatkan kualitas hasil perikanan.


"Tersedianya  prasarana penunjang yang lengkap, maka nilai jual ikan akan lebih tinggi," ucap Mochklasin.


Ia menambahkan, sarana tentu  bantuan pemerintah seperti alat tangkap, mesin tempel hingga perahu. "Hal ini tentu akan menjadi perhatian DPRD dan kepala daerah," sebut Mochklasin.


Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Supardi, mengatakan, perlu kerja sama strategis untuk meningkatkan hasil pendapatan masyarakat pesisir pantai. 


"Kerja sama antara Pemprov Sumbar dan DKI untuk perikanan perlu dikaji. Peningkatan SDM juga harus menjadi fokus agar bisa menjadi satu kesatuan dalam pemenuhan kebutuhan ikan daerah," pungkas Supardi. (OID)