arrow_upward

Kepala BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra: Modal, Tantangan Utama UMKM

Rabu, 01 Mei 2024 : 7:17 AM

Kepala BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra, menyebutkan modal menjadi tantangan utama UMKM.


ORATOR.ID - Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumbar, Endang Kurnia Saputra, mengatakan, yang menjadi tantangan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah modal. 

"Tantangan utama UMKM adalah modal, modalnya kecil," kata Endang, saat edukasi literasi ekonomi syariah dalam rangka Road To Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera 2024, di aula BI setempat, jalan Jenderal Sudirman, Padang, Senin, (29/4) siang.


Ia melanjutkan, UMKM bisa mendapatkan modal dari modal sendiri, dan pinjaman dari bank, bahkan BI pun telah memberikan pembinaan terhadap pelaku UMKM.


"BI, salah satu otoritas perbankan, mereka (UMKM) kita bina, setelah berhasil kita dorong mendapatkan pembiayaan dari bank, itu sudah banyak, sudah lebih 40," ucap Adang, sapaan akrab Endang.


Ia mengakhiri, salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru adalah 

ekonomi syariah. BI mendorong optimalisasi potensi ekonomi syariah (Ekstar) di Indonesia, dengan mendukung berbagai upaya dalam transformasi ekonomi dan keuangan syariah nasional. 


"Transformasi Eksyar dilakukan agar dapat berkontribusi bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi nasional," pungkas Adang. (OID)