arrow_upward

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal, Rabu 10 April 2024

Selasa, 09 April 2024 : 7:52 PM

 



ORATOR.ID -- Pemerintah Repulik Indonesia (RI) melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan hari raya Idulfitri, 1 Syawal 1445 Hijriah, pada Rabu, (10/4/2024). 


"Oleh karena itu, berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia, Malaysia, dan Singapura, sertanya  adanya laporan hilal yang terlihat disepakati bahwa 1 Syawal 

1445 Hijriah, jatuh pada hari Rabu, tanggal 10 April 2024," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, saat sidang Isbat penetapan  1 Syawal 1445 Hijriah, di Jakarta, Selasa, (9/4/2024) malam.


Ia menyampaikan, mudah-mudahan keputusan ini merupakan wujud kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia baik dalam menjalankan ibadah maupun dalam bermusyawarah, bermufakat bermasyarakat  di dalam naungan tanah air yang sama.


"Kita berharap hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan bersama-sama dengan penuh suka cita," ungkap Yaqut. 


Ia menyampaikan, Sidang Isbat ini sarana untuk bermusyawarah sekaligus menjadi titik temu bagi umat jika ada perbedaan dalam penentuan tanggal. 


"Juga bentuk ikhtiar agar umat Islam memiliki ruang dialog dan bertukar pikiran dalam menentukan kapan mulai melaksanakan ibadah dan berhari raya," pungkasnya. (OID)