arrow_upward

Jangan Sebar Rencana Mudik di Medsos, Kombespol Dwi: Bisa Menjadi Target Kriminal

Selasa, 09 April 2024 : 8:06 AM

Kabidhumas Polda Sumbar, Kombespol Dwi Sulistyawan, (kiri), saat apel di Mapolda, Senin, (8/4/2024). Ia meminta masyarakat tak menyebar informasi rencana mudik di media sosial. 



ORATOR.ID - Pihak kepolisian mengingatkan masyarakat yang mengagendakan mudik selama masa libur Idulfitri 1445 Hijriah/2024, supaya waspada dan meninggalkan rumah terkunci secara baik.


"Waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif mencegah tindakan kriminal yang mungkin terjadi saat rumah tidak ada penghuninya," kata Kabidhumas Polda Sumbar, Kombespol Dwi Sulistyawan, Senin, (8/4/2024).


Ia menyampaikan, risiko kriminal, seperti pencurian dan perampokan bisa saja terjadi saat rumah tidak berpenghuni dalam kurun waktu cukup lama, terutama selama periode mudik.


"Beberapa langkah yang dianjurkan seperti memastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci secara baik sebelum meninggalkan rumah," ucapnya.


Ia mengakhiri, yang lebih penting lagi adalah tidak menginformasikan rencana mudik secara terbuka pada media sosial (Medsos) maupun kepada orang yang tak dikenal.


"Hal ini guna menghindari informasi tentang rumah kosong tersiar luas, sehingga bisa menjadi target para pelaku kejahatan," ungkapnya. (OID)