arrow_upward

Jalur Satu Arah Padang-Bukittinggi Dua Skema, Ini Jadwal dan Waktunya

Sabtu, 06 April 2024 : 8:17 PM

Dirlantas Polda Sumbar Kombespol Dwi Nur Setiawan saat uji coba jalur satu arah Padang-Bukittinggi, Jumat, (5/4/2024).


ORATOR.ID -- Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Sumbar, menerapkan dua skema pada jalur satu arah (one way) Padang-Bukittinggi, saat Operasi Ketupat Singgalang 2024, selama masa libur Idulfitri 1445 Hijriah. 

"Adu dua skema penerapan one way. Skema pertama pada 7-9 April   2024, dan skema kedua 11-15 April 2024. Mulai pukul 12.00 hingga 17.00 WIB. Namun, pada 10 April 2024 tidak diberlakukan jalur satu arah," kata Dirlantas Polda Sumbar, Kombespol Dwi Nur Setiawan.


Ia menerangkan, skema pertama, jalur satu arah, kendaraan dari Padang ke Bukittinggi melalui jalur Silaiang (Sicincin-Padangpanjang dan Padang Lua). Sementara itu, kendaraan dari arah Bukittinggi ke Padang melalui jalur Malalak (Padang Lua-Malalak-Simpang Malalak)," sebut Dwi.


"Skema kedua, kendaraan dari Padang ke Bukittinggi melalui jalur alternatif Malalak Sicincin, sedangkan dari Bukittinggi ke Padang melalui jalur Silaiang-Padangpanjang," tutur Dwi.


Ia menyebutkan, one way tahun ini berbeda dibandingkan tahun lalu, dan berubah dari rencana awal.

Rencana sebelumnya one way hanya satu skema, yakni dari tanggal 7 April hingga 15 April 2024.


"Penerapan jalur satu arah diperkirakan akan mengurangi kemacetan sekira 4 jam. Kantong kantong parkir akan disiapkan bagi kendaraan yang menunggu antrean jalur satu arah. Uji coba telah dilaksanakan pada 5 April 2024," pungkasnya. (OID)